Cara Membuat Biopori Dengan Mudah di Halaman Rumah
Lifestyle

Cara Membuat Biopori Dengan Mudah di Halaman Rumah

Pernah mendengar tentang biopori sebelumnya? Bisa dikatakan jika membuat biopori adalah salah satu solusi yang bisa diterapkan baik untuk mengatasi genangan air ataupun melakukan pengelolaan sampah organik untuk skala rumah tangga. Biopori sendiri sebenarnya merupakan sebuah lubang peresapan yang dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Ya, Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membuat biopori. Pasalnya, diameter lubang yang dibuat hanya sekitar 10 cm saja. Tidak hanya itu, bahan yang diperlukan pun cenderung sederhana dan mudah ditemukan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana cara untuk membuat lubang biopori tersebut. Penasaran? Simak ulasannya!

Ragam Manfaat Biopori

Salah satu manfaat dari lubang biopori adalah lubang ini bisa dijadikan solusi pengelolaan sampah organik di rumah untuk dijadikan sebagai kompos. Namun, sebenarnya, selain manfaat tersebut, ada beragam manfaat lain dari lubang biopori yang bisa menjadi alasan kenapa Anda perlu membuatnya.

Beberapa manfaat yang dimaksud diantaranya adalah:

  • Membuat tanah di sekitar halaman cenderung lebih subur
  • Memperkaya kandungan air hujan
  • Membuat keseimbangan lingkungan cenderung lebih terjaga
  • Mengatasi masalah bau sampah organik yang kurang sedap
  • Dan lainnya

Bahan dan Cara Membuat Lubang Biopori

Sebagaimana disinggung di awal, untuk membuat lubang biopori di halaman rumah, Anda hanya memerlukan bahan yang sederhana dan mudah untuk didapatkan. Adapun beberapa bahan dan alat yang diperlukan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pipa PVC dan tutupnya dengan diameter 10 cm dan panjang 1 meter. Pipa tersebut dilubangi kecil-kecil dengan menggunakan bor
  2. Bor tahan dengan diameter 10 cm dan kedalaman sekitar 1 meter
  3. Linggis
  4. Palu untuk tanah yang cenderung keras, berbatu dan banyak akar
  5. Emper dengan gayung untuk membantu melunakkan tanah

Apabila beberapa bahan dan alat membuat biopori tersebut sudah siap, maka Anda bisa langsung berusaha untuk membuat lubang biopori tersebut. Adapun langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih tanah di halaman yang cenderung tidak berbatu atau jika berbatu maka Anda bisa menghancurkannya terlebih dahulu dengan menggunakan palu
  2. Lubangi tanah yang hendak digunakan tersebut menggunakan bor tanah yang diputar searah jarum jam dengan kedalaman sekitar 1 meter. Jika ada akar, maka siram dengan air untuk membuatnya lebih lunak sebelum dibor kembali
  3. Masukkan pipa PVC yang sebelumnya sudah dilubangi dan masukkan sampah organik ke dalam lubang pipa PVC tersebut
  4. Tutup dengan menggunakan tutup pipa PVC yang sudah dilubangi dan timbun dengan tanah tetapi jangan sampai menutupi lubang pipa
  5. Selesai

Hanya dengan beberapa langkah sederhana tersebut Anda sudah berhasil membuat lubang biopori di halaman rumah. Nah, setelah proses membuat biopori tersebut jadi, Anda hanya tinggal menunggu waktu setidaknya selama 2 bulan untuk pembusukan sampah dan nantinya Anda bisa memanen kompos yang sudah jadi.