Apa Sajakah Kriteria Susu Pertumbuhan Anak yang Baik dan Aman?
Parenting

Apa Sajakah Kriteria Susu Pertumbuhan Anak yang Baik dan Aman?

Pada masa pertumbuhan balita membutuhkan nutrisi serta gizi yang cukup agar tumbuh kembangnya optimal. Salah satu upaya dalam mencukupi kebutuhan nutrisinya adalah dengan memberikan makanan yang sehat dan susu pertumbuhan anak yang baik.

Jangan berikan sembarang susu hanya karena mahal atau anak menyukai, tapi berikan susu pertumbuhan yang benar-benar berkualitas. Lalu bagaimana susu pertumbuhan yang baik itu? Simak beberapa kritaria susu pertumbuhan yang sehat berikut ini:

  1. Mengandung Nutrisi Tinggi

Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak, salah satu yang terpenting adalah kandungan kalsium. Karena kalsium tersebut berperan dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Kemudian susu yang dipih harus mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, serat, mineral dan nutrisi lainnya. Pastikan juga porsi nutrisinya sesuai dengan kebutuhan anak, misal untuk anak usia 1 sampai 3 tahun setidaknya mengonsumsi kalsium 650 mg per hari.

Sedangkan untuk usia 4 hingga 6 tahun harus mengonsumsi 1000 mg kalsium setiap harinya. Tapi perhatikan juga apakah si kecil memiliki intoleransi terhadap laktosa atau protein lainnya.

  1. Mudah Dicerna

Sistem pencernaan anak masih sangat sensitif. Jadi tidak hanya kandungan nutrisinya saja yang diperhatikan, tapi juga proses pembuatannya. Karena proses pembuatannya berpengaruh terhadap nutrisi yang terkandung.

Pilih susu pertumbuhan anak dengan proses pembuatannya yang lebih singkat. Susu yang diproses tanpa melalui pemanasan yang berlebihan kandungan nutrisinya akan terjaga.

Sehingga susu tersebut akan lebih mudah diserap tubuh dan mudah dicerna. Pencernaan yang lancar sangat baik dalam menajaga imun tubuh dan mendukung masa pertumbuhan anak.

  1. Dibuat dari Bahan Alami

Pastikan susu yang diberikan pada anak adalah susu yang dibuat dengan bahan-bahan alami dan berkualitas. Susu yang diperah dari sapi berkualitas hasilnya juga akan berkualitas.

Begitu juga dengan jenis susu lainnya, untuk susu kedelai pilih juga susu yang terbuat dari kedelai berkualitas. Disitulah pentingnya memilih produk susu anak yang terpercaya, jangan memilih susu formula yang abal-abal.

  1. Terjaga Kebersihannya

Jangan abaikan kebersihannya. Karena akan percuma jika susu yang dipilih menganding nutrisi tinggi tapi tidak higienis. Pastikan bahwa susu tersebut dibuat secara higienis dan pengemasannya juga terjaga kebersihannya.

Saat membuat susu untuk diminum jangan menyentuh susu  dengan tangan, gunakan sendok plastik atau melanin dan hindari menggunakan sendok perak bahan yang bisa merusak nutrisi susu. Setalah itu, tutup kembali wadah susu secara rapat.

Tidak semua anak menyukai semua varian rasa, oleh karena itu pilihlah yang anak suka agar mau meminum susu tersebut. Karena sia-sia jika susu pertumbuhan anak berkualitas tinggi tapi anak tidak mau meminumnya.

Oh, ya, perhatikan tanggal kadaluwarsanya juga ya Bund. Untuk susu yang sudah dibuka juga sebaiknya segera dihabiskan dalam jangka waktu 2 hingga 4 minggu.